TEORI BILANGAN

Penulis;

Dr. Adi Asmara, M.Pd

Rahmat Jumri, M.Pd

Jumlah halaman; 177

Ukuran Buku: A5 (14,8×21)

Versi Cetak: Tersedia

Versi E-Book: Tersedia

Di Inggris, Robert Recorde (1510-1558), pengarang buku Matematika menulis simbol + dan dalam buku Ground of Artes. Namun semua itu baru dapat pengakuan umum dan berlaku umum terhitung tahun 1630.

Angka PHI (Φ atau φ ) dilafalkan fi. Konstanta PHI ini bernilai 1,618 diperoleh dari deret Fibonacci, sebuah deret yang terkenal bukan hanya karena jumlah dari angka yang berdekatan sama dengan angka setelahnya tetapi juga karena hasil bagi dari angka-angka yang berdekatan memiliki sifat yang mengagumkan mendekatai angka 1,618 atau PHI. Para ilmuwan terdahulu menyebarluaskan PHI ini sebagai Proporsi Agung karena sebagai PHI pada umumnya dianggap angka tercantik di dunia yaitu angka penting dalam seni. Da Vinci pernah menggali mayat manusia untuk mengukur proporsi yang tepat dari struktur tulang manusia. Dialah orang pertama memperlihatkan bahwa manusia betul-betul terbuat dari balok-balok bangunan yang rasio proporsionalnya selalu sama dengan PHI.

Contoh fenomena  PHI: rasio jumlah lebah betina dengan jumlah lebah jantan di di setiap sarang lebah di dunia, rasio setiap diameter spiral ke spiral berikutnya dalam Nautilus, rasio dari setiap diameter rotasi berikutnya pada biji bunga Matahari yang tumbuh dengan melawan spiral, bunga cemara berspiral, susunan daun pada tumpukan tumbuhan, segmentasi serangga, rasio jarak dari puncak kepala ke lantai dengan jarak dari pusar ke lantai, rasio jarak dari bahu ke ujung jari dengan jarak dari siku ke ujung jari, rasio paha ke lantai dengan lutut ke lantai, ruas jari, jemari kaki, divisi tulang belakang, pada karya seni Michelangelo, Albrecht Durer, Da Vinci, dimensi arsitektur Parthenon Yunani, Piramid-piramid Mesir, gedung PBB di New York, struktur organisasional sonata-sonata Mozart, fifth Symphony karya Beethoven, pada karya-karya Bartok, Debussy, dan Schubert juga digunakan oleh Stardivarius untuk menghitung penempatan yang tepat untuk lubang f dalam konstruksi biola-biolanya yang terkenal.

TEORI BILANGAN

Dapatkan Bukunya sekarang Juga !

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on google
Google+

Copyright © 2021 Penerbit Azka Pustaka

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Copyright © 2021 Penerbit Azka Pustaka