MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN DENGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN

MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN DENGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN

MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN DENGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN

PENULIS

DR. SUSIANA, S.E., MSi.Ak

DR. YINDRIZAL, S.E., MM

WINNY ALNA MARLINA

HAMIDA SAFITRI

MUHAMMAD ILHAM

Jumlah halaman; 109

Ukuran Buku: A5 (14,8×210

Versi Cetak: tersedia

Versi E-Book: Tersedia

Berat; 0 Kg

Harga; Rp. 65,000

Informasi Akuntansi dengan ketentuan mengenai informasi akuntansi yang merupakan sebuah sistem akuntansi yang berguna bagi pimpinan sebuah organisasi. Informasi tersebut berguna bagi pimpinan dalam mengambil kebijakan yang nantinya pimpinan akan lebih siap dalam pengelolaan dan melakukan penilaian. Reformasi sistem informasi keuangan sudah banyak terjadi di berbagai negara termasuk Indonesia. Latihan NPM juga telah terjadi di pemerintah berfokus pada efisiensi, efektivitas, akuntabilitas, dan transparansi informasi (Crespo et al., 2017). Pengelolaan informasi tersebut tercakup dalam sebuah sistem yang dikenal dengan sistem informasi akuntansi (SIA).

Informasi akuntansi biasa dikenal dengan sistem informasi mengenai keuangan yang digunakan oleh pimpinan dalam melaksanakan fungsinya terutama dalam perencanaan keuangan. Informasi yang diaksud adalah informasi yang berkualitas yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya mengenai organisasi tersebut. Jika informasi akuntansi baik maka informasi akuntansi tersebut dapat dikatakan berkualitas sebagaimana yang dinyatakan oleh McLeod (2007), kualitas manajemen informasi akuntansi memiliki dimensi relevansi, akurasi,dan kelengkapan. Relevansi adalah keberadaan informasi kesesuaian yang dihasilkan dengan yang dibutuhkan, Akurasi adalah bahwa kualitas yang dihasilkan mencerminkan kondisi nyata, dan Kelengkapan adalah bahwa informasi yang diberikan harus lengkap.

Namun, masih banyak kendala yang dihadapi oleh pemerintah dalam mengelola manajemen keuangan pemerintah yaitu akuntabel, transparan, dan partisipatif, Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah teknologi informasi yang belum optimal, baik di penerapan teknologi dan kualitas informasi yang dihasilkan.

Sistem informasi dengan memakai teknologi aplikasi yang dapat membantu organisasi dalam pengelolaan keuangan, namun belum seluruhnya dari pengguna aplikasi ini memanfaatkan teknologi yang disediakan. Misalnya pada saat pelaporan keuangan yang dilakukan per bulannya, masih ada beberapa fakultas yang masih terlambat memberikan laporan, sehingga pelaporan tersebut juga terlambat dilaporkan ke kantor Perbendaharaan Negara (KPPN). Manajemen Sistem Informasi Akuntansi (management accounting information system /MAIS) merupakan suatu yang berguna dalam mekanisme pengelolaan organisasi, pengendalian, serta memberikan informasi yang efektif yang nantinya dapat memperkirakan hal-hal yang akan mungkin terjadi setelah melakukan suatu kegiatan Chenhall and Morris (1986). MAIS didefinisikan sebagai rancangan suatu sistem yang dibuat untuk memberikan informasi kepada pihak pengelola (pemerintah). Dari hasil studi tentang Chenhall dan Morris (1986), bukti empiris ditemukan tentang ciri-ciri informasi yang bermanfaat terdiri dari: (1)cakupan luas, (2)agregasi, (3)integrasi, (4)ketepatan waktu

MENINGKATKAN KINERJA KEUANGAN DENGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN

Dapatkan Bukunya sekarang Juga !

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on google
Google+

Copyright © 2021 Penerbit Azka Pustaka

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Copyright © 2021 Penerbit Azka Pustaka