PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA ANAK HINDU

PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA ANAK HINDU

PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA ANAK HINDU

Penulis:

Dr. Ketut Bali Sastrawan, S.Ag, M.Pd.H.

Ni Luh Purnamasuari Prapnuwanti, S.Ag. M.Pd

Jumlah halaman: 211

Ukuran Buku: A5 (14,8×21)

Versi Cetak: tersedia

Versi E-Book: Tersedia

Berat; 0 Kg

Harga: Rp. 125.000

keseharian yang baik maupun buruk, hal ini terjadi karena manusia tidak dapat hanya diam untuk menjalani kehidupannya. Factor lingkungan sangat berpengaruh terhadap pembentukan perilaku manusia dalam menjalani kehidupannya baik itu dewasa maupun anak-anak. Dalam hal ini pola asuh yang baik akan berpengaruh terhadap perilaku baik pada diri setiap individu khususnya pada anak-anak. Memberikan pendidkan atau ajaran yang baik sangat penting untuk diterapkan atau dilakukan khususnya pada kalangan anak-anak yang akan menjadi suatu generasi penerus untuk melanjutkan kehidupan yang akan mendatang sesuai dengan peradaban jaman.

Pendidikan merupakan salah satu nilai yang harus diterapkan secara sadar dan terencana seperti yang tertuang pada UU nomor 20 tahun 2003 mengenai system Pendidikan nasional. Berkaitan dengan nilai-nilai khususnya moral dan etika, Pendidikan agama hindu merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan, karena dengan pengembangan Pendidikan agama Hindu akan menciptakan stakeholder atau individu yang berkualitas dan bermoral baik dari segi pikiran, perkataan dan perbuatan. Sebagai landasan Pendidikan nilai moral dan etika ajaran Tri kaya Parisudha sangat dibutuhkan sebagai pedoman berpikir, berkata (komunikasi), dan berperilaku yang baik dalam kehidupan seseorang khususnya pada anak-anak.

Moral merupakan pemahaman mengenai mana yang baik dan mana yang tidak baik untuk dilakukan. Sedangkan etika merupakan tingkah laku yang dilakukan oleh setiap orang berdasarkan moral yang sudah dilakukan atau ditentukan. Dalam hal ini moral dan etika memiliki kaitan yang sangat erat, dimana dalam beretika perlu moral yang baik dan benar dalam pemilihannya untuk menciptakan suatu keharmonisan dan kebahagian. Moral dan etika seseorang dapat ditumbuhkan sejak usia dini, yang dapat dilakukan melalui pendidikan dari keluarga kemudian pada jenjang sekolahan hingga perguruan tinggi. Moral dan etika ini akan menjadi suatu pedoman bagi setiap individu dalam melanjutkan hidup menjadi lebih baik, karena dengan adanya moral dan etika yang baik juga dapat mengubah kehidupan menjadi lebih baik seperti lebih dihargai dan disenangi. Penumbuhan terhadap moral dan etika pada seseorang khususnya pada anak dapat dilakukan dengan berbagai cara dan berbagai ajaran sesuai denga keyakinan dan kepercayaan yang dianutnya.

PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA ANAK HINDU

Dapatkan Bukunya sekarang Juga !

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on google
Google+

Copyright © 2021 Penerbit Azka Pustaka

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Copyright © 2021 Penerbit Azka Pustaka