Penulis:
Muhammad Jahar Bulek
Jumlah Halaman: 87
Ukuran Buku: A5 (14,8×21)
Versi Cetak: Tersedia
Versi Ebook: Tersedia
Berat: 0 Kg
Harga: Rp. 45.000
Dalam proses pendidikan, tujuan pendidikan merupakan kristalisasi nilai-nilai yang ingin diwujudkan ke dalam pribadi anak didik. Oleh karena itu, rumusan tujuan pendidikan bersifat menyeluruh, mencakup semua aspek dan terintegrasi dalam pola kepribadian yang ideal. Tujuan pendidikan merupakan masalah inti di dalam pendidikan dan saripati dari seluruh renungan paedagogik Pendidikan dan pengajaran merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Ada ayat-ayat Al-Qur’an yang memahami masalah pendidikan dan pengajaran. Kajian tafsir al-Qur’an mengalami perkembangan pesat. Banyak metode dan pendekatan yang digunakan dalam menganalisis Al-Qur’an diantaranya semantik. Kajian ini mengkaji bidang pendidikan dan pengajaran semantik dari perspektif semantik yang diusung oleh Toshihiko Izutsu. Objek kajian dalam penelitian ini adalah ayat-ayat Alquran tentang pendidikan dan pengajaran. Al-Qur’an adalah firman Allah yang tidak ada keraguan di dalamnya, yang kemudian dijadikan pedoman hidup umat Islam. Di dalamnya terkandung ajaran dasar dan nilai-nilai yang harus dijadikan acuan utama (absolute frame of reference) bagi sikap dan perilaku setiap orang yang meyakininya. Ajaran-ajaran pokok (asas-asas) yang menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia ini, selanjutnya dapat dikembangkan sesuai dengan nalar setiap bangsa dan setiap saat serta hadir secara fungsional untuk memecahkan masalah kemanusiaan