HAKEKAT MANAJEMEN MUTU TERPADU (MMT) DALAM PENDIDIKAN

HAKEKAT MANAJEMEN MUTU TERPADU (MMT) DALAM PENDIDIKAN

HAKEKAT MANAJEMEN MUTU TERPADU (MMT) DALAM PENDIDIKAN

penulis: Halifat Wahid Barnabas, M.Pd. Preisdy Vanthra Clara Mangolo, M.Pd

Ukuran buku: A5 (14,5×21)

Jumlah halaman: 140

Versi cetak: Tersedia

Versi Ebook: Tersedia

Stok: 0

Berat: 0

Harga: Rp. 85.000

Dalam seluruh aspek kehidupan sangatlah diperlukan manajemen, dan sampai kapanpun manajemen tak akan terlepas dari kehidupan kita. Sebuah organisasi, perusahaan maupun instansi dan lembaga lainnya membutuhkan Manajemen untuk pencapaian tujuan yang diharapkan dan pastinya direncanakan. Berbicara tentang Manajemen, perlu kiranya kita mengetahui terlebih dahulu “Apa sih pengertian dari Manajemen itu?” Asal muasal kata Manajemen di ambil dari kata To Manage yang memiliki arti mengatur. Manajemen mutu terpadu merupakan, sistem manajemen yang mengangkat sesuatu sebagai strategi (strategy) usaha yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan cara melibatkan pelanggan dan seluruh anggota organisasi. Menurut Dr. W. Edward Demings (dalam Syafaruddin, 2002:31) Yang mendasari falsafah manajemen mutu terpadu terfokus pada pernyataan” Do the right things, first time,every time”( kerjakan sesuatu yang benar sejak pertama kali setiap waktu). Dalam kajian literatur banyak ahli yang sudah memberi pengertian MMT. Berikut ini tiga pengertian dari sekian banyak yang dideskripsikan dari penulis MMT. Pengertian yang pertama dan kedua adalah pengertian MMT di bidang bisnis, sedangkan pengertian yang ketiga adalah pengertian MMT yang ditulis oleh Edward Sallis (2002,3rd) dalam  bukunya Total Quality Management in Education.  Pertama, Shaskin   (1993:27) mendifiniskan “TQM is a system of means toeconomically produce goods or   services which satisfy customers’ requirements”, atau MMT adalah sebuah sistem yang  dimaksudkan untuk memproduksi barang atau memberikan jasa layanan yang secara ekonomis yang memuaskan persyaratan/permintaan pelanggan”. Kedua, Tjiptono (2000: 4) yang menyitir dari Isikawa, mendeskripsikan: “MMT   adalah   perpaduan   semua   fungsi   dari   perusahaan   kedalam falsafah holistik yang dibangun berdasarkan konsep kualitas, teamwork, produktivitas, dan pengertian serta kepuasan pelanggan.” Ketiga, Sallis (1993: 13) mendifinisikan: “TQM is philosophy and methodology which assists institution to manage change and to set their own agendas for dealing with the plethora of new external pressure”, atau MMT adalah falsafah dan metode yang membantu institusi untuk mengelola perubahan dan menentukan agenda/kegiatan yang berkaitan dengan tuntutan baru pelangaan yang secara bertubi-tubi mendesak.

HAKEKAT MANAJEMEN MUTU TERPADU (MMT) DALAM PENDIDIKAN

Dapatkan Bukunya sekarang Juga !

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on google
Google+

Copyright © 2021 Penerbit Azka Pustaka

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Copyright © 2021 Penerbit Azka Pustaka