Penulis;
Dr. Rohimi Zam Zam, S.Psi., S.H., M.Pd.
Dr. Suharsiwi, M.Pd
Editor : Dr. Dra. Erna Budiarti, M.Pd.
Jumlah halaman;231
Ukuran Buku: A5 (14,8×21)
Versi Cetak: Tersedia
versi E-Book: Tersedia
Berat;0 Kg
Harga; Rp. 125.000
Psikologi pendidikan merupakan kajian psikologi yang diterapkan dalam proses pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran termasuk segala sesuatu yang terlibat dalam proses pembelajaran, upaya memaksimalkan proses pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan, baik tujuan pendidikan nasional, kelembagaan, dan instruksional pendidikan. Beberapa ahli telah mengemukakan pengertian psikologi pendidikan.
Pengertian dan Pengertian Psikologi Pendidikan dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu etimologi dan terminologi. Menurut etimologi (asal kata) Psikologi Pendidikan dapat diuraikan dalam dua kata, yaitu “Psikologi” dan “Pendidikan”. Secara etimologis psikologi yang pertama merupakan istilah hasil terjemahan bahasa Indonesia dari bahasa asing yaitu bahasa Inggris “Psychology”. Istilah psikologi sendiri berasal dari kata Yunani “Psyche” yang dapat diartikan sebagai ruh, jiwa atau daya hidup, dan “logis” yang dapat diartikan sebagai ilmu, sehingga secara harafiah psikologi berarti ilmu tentang jiwa (Muhibbin, 2008). : 8-9). Psikologi merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang menyelidiki dan membahas tingkah laku manusia yang tampak dan tidak tampak, baik secara individu maupun kelompok, dalam pergaulannya sehari-hari. Sedangkan pendidikan ditinjau dari segi etimologis, berasal dari kata Yunani “Paedagogike”. Ini merupakan kata majemuk yang terdiri dari kata “Pead” yang berarti “Anak” dan kata “Ago” yang berarti “Saya membimbing”. Jadi “Paedagogike” artinya saya membimbing anak. Orang yang bertugas membimbing anak dengan tujuan mengantarkannya ke tempat belajar, dalam bahasa Yunani disebut “Paedagogos”. Menurut terminologi yang lebih luas, pendidikan adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang lain untuk menjadi dewasa atau mencapai tujuan hidup dan penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental (Sudirman N, 1992: 4). Berdasarkan pengertian dua kata psikologi dan pendidikan di atas, maka dapat dijadikan dasar untuk melihat lebih spesifik lagi pengertian dan pengertian psikologi pendidikan. Berikut beberapa pengertian Psikologi Pendidikan yang dikemukakan oleh para ahli di bidang psikologi.