Penulis:
Andi Amang, S.E., M.M
Mulyadi, S.E., M.M
Septa Diana Nabella, S.E., M.M
Nurmayunita, S.E., M.M
Jumlah halaman; 208
Ukuran Buku: A5 (14,8×21)
Versi Cetak: tersedia
Versi E-Book: tersedia
Berat; 0 Kg
Harga: Rp. 95.000
Analisis jabatan adalah suatu metode, prosedur dan kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang pekerjaan, berupa: uraian tugas, indikator pekerjaan, pendidikan dan kompetensi yang dibutuhkan, prosedur operasional pelaksanaan pekerjaan, hasil pekerjaan serta kompensasi dan pekerjaan. penilaian. Analisis pekerjaan memberikan informasi berharga bagi perusahaan, termasuk menentukan strategi perekrutan, seleksi, penilaian kinerja, pelatihan dan pengembangan, desain dan desain ulang pekerjaan, serta perencanaan SDM.
Analisis pekerjaan adalah proses mengumpulkan dan mempelajari berbagai informasi terkait pekerjaan operasional dan tanggung jawabnya. Analisis pekerjaan memberikan ringkasan tentang kewajiban dan tanggung jawab suatu pekerjaan, hubungannya dengan pekerjaan lain, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan, dan lingkungan kerja di mana pekerjaan itu dilakukan.
Analisis jabatan merupakan upaya untuk mengidentifikasi suatu jabatan ditinjau dari kegiatan tugasnya, prasyarat dan spesifikasinya agar nantinya dapat menempatkan orang-orang yang tepat, sesuai dengan kemampuan, keterampilan dan pengalamannya dalam melaksanakan pekerjaan. Hasil analisis jabatan memberikan informasi yang menggambarkan berbagai hal tentang jabatan, yang dapat digunakan untuk mengembangkan deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan. Deskripsi pekerjaan adalah daftar tugas, tanggung jawab, hubungan pelaporan, dan kondisi kerja. Sedangkan spesifikasi pekerjaan merupakan daftar suatu jabatan, meliputi pendidikan, keterampilan, kepribadian dan lain-lain yang sesuai dengan jabatan tersebut.