Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi

Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi

Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi

Penulis:

Ishak Bagea

syamsuriadi. S

Andi Nurdiana

Muhammad Arham

Sukmawati

Supriadi

Joardin

Asrah Usman

Hidaya Mushlihah

Asdar

Dzaky Zakaria

Marjani
Jumlah halaman: 85

Ukuran Buku: A5 (14,8×21)

Versi Cetak: Tersedia

Versi ebook: Tersedia

Berat: 0 Kg

Harga: Rp. 65.000

Menurut Faustino Cardoso Gomes (1995: Fitrianto, 2010) rekrutmen (recruitment) merupakan  proses  mencari,  menemukan,  dan  menarik  para  pelamar  untuk  dipekerjakan dalam dan oleh suatu organisasi. Rekrutmen merupakan proses komunikasi dua arah. Pelamar-pelamar menghendaki informasi yang akurat mengenai seperti apakah rasanya bekerja di dalam organisasi bersangkutan. Organisasi-organisasi sangat menginginkan informasi yang akurat tentang seperti apakah pelamar-pelamar tersebut jika kelak mereka diangkat sebagai pegawai.

Kemudian Schermerhorn (1997: Darmawan & Sofrida, 2016) mendefinisikan bahwa rekrutmen adalah proses penarikan sekelompok kandidat untuk mengisi posisi yang lowong. Perekrutan yang efektif akan membawa peluang pekerjaan kepada perhatian dari orang- orang yang berkemampuan dan keterampilannya memenuhi spesifikasi pekerjaan. Sementara Sondang P. Siagian (1997: Darmawan & Sofrida, 2016) sebagai definisi dapat dikatakan bahwa rekrutmen adalah proses mencari, menemukan dan menarik pelamar yang kapabel untuk dipekerjakan dalam dan oleh suatu organisasi.

Dari beberapa definisi yang telah dipaparkan di atas, bisa kita lihat bentuk sederhananya pada definisi rekrutmen berikut ini :  Menurut Noe at.all (2000: Darmawan & Sofrida, 2016) rekrutmen didefinisikan sebagai pelaksanaan atau aktifitas organisasi awal dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mencari tenaga kerja yang potensial. Kemudian Noe et.al (2008: Darmawan & Sofrida, 2016) mengemukakan bahwa perusahaan harus membuat keputusan pada 3 (tiga) aspek berikut saat melakukan rekrutmen, yaitu:

Berbagai langkah yang diambil dalam proses rekrutmen pada dasarnya merupakan salah satu tugas pokok para tenaga spesialis yang berkarya dalam satuan organisasi yang mengelola sumber daya manusia. Mereka biasanya dikenal dengan istilah pencari tenaga kerja.  Dalam  melaksanakan  tugas  rekrutmen  para  pencari  tenaga  kerja  mendasarkan kegiatannya pada perencanaan sumber daya manusia yang telah ditentukan sebelumnya. Perlu ditekankan bahwa kegiatan rekrutmen tidak bisa tidak harus didasarkan pada perencanaan sumber daya manusia karena dalam rencana tersebut telah ditetapkan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh orang-orang yang ingi bekerja dalam organisasi yang bersangkutan.

Di samping itu proses rekrutmen juga perlu mengaitkan antara identifikasi lowongan dengan informasi tentang analisis pekerjaan. Informasi tersebut mengandung hal-hal penting tentang tugas apa yang akan dilakukan oleh para tenaga kerja baru yang berhasil dicari, ditemukan, diseleksi dan dipekerjakan. Dengan perkataan lain harus di upayakan agar semua sumber tenaga kerja digarap dengan sebaik mungkin.

Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi

Dapatkan Bukunya sekarang Juga !

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on google
Google+

Copyright © 2021 Penerbit Azka Pustaka

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Copyright © 2021 Penerbit Azka Pustaka