Penulis:
Dr. Arniwita, S.pD, MM
Agesha Marsyaf S.I.Kom.MM
Ade Jermawinsyah Zebua,SE,MM
Jumlah halaman: 162
Ukuran Buku: A5 (14,8×21)
Versi Cetak: Tersedia
Versi Ebook: Tersedia
Berat: 0 Kg
Harga: Rp. 75.000
Revolusi Industri 5.0 dikenal sebagai era masyarakat. Society 5.0 merupakan masyarakat yang mampu menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segalanya), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data ( sejumlah besar data), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Society 5.0 juga dapat diartikan sebagai konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. 11 Perubahan era dari era 4.0 ke 5.0 yang juga berpengaruh besar terhadap dunia pendidikan tentu tidak bisa kita tolak. Mau tidak mau, lembaga pendidikan harus siap menghadapi persaingan baru akibat perubahan zaman. Disadari atau tidak, telah terjadi pergeseran proses pembelajaran dalam satu tahun terakhir, tepatnya tahun 2020, dimana pelaksanaan pembelajaran telah berpindah dari ruang kelas manual menjadi ruang digital yang serba otomatis. Misalnya, platform Rumah Belajar, Google Suite for Education, Kelas Pintar, Office 365 for Education, Quipper School, Ruang Guru, Sekolahmu, dan Zanius telah muncul dan menjadi tren dalam mengelola pendidikan yang dilakukan secara daring. 12 Hadirnya berbagai platform pendidikan ini menjadi pertanda bahwa era masyarakat sudah di depan mata. Dalam hal pendidikan pemasaran dalam menghadapi era masyarakat, ada empat kriteria yang harus diperhatikan dari dulu hingga sekarang. Keempat hal tersebut dalam dunia pemasaran dikenal dengan bauran pemasaran.