Penulis: Dr. Agus Wedi, M. Pd
Editor: Moh Suardi
Jumlah halaman: 248
Ukuran Buku: Unesco: (15,5×23)
Versi Cetak: Tersedia
Versi Ebook: Tersedia
Berat; 0 Kg
Harga: 90.000
Pengertian belajar dapat diartikan sebagai aktivitas mental atau (psikis) yang terjadi akibat interaksi aktif antara individu dengan lingkungannya yang mengaki-batkan perubahan yang relatif permanen pada aspek: kognitif, psikomotor dan afektif. Perubahan tersebut dapat berupa sesuatu yang sama sekali baru atau penyem-purnaan/peningkatan hasil belajar yang diperoleh sebelumnya. Pengertian belajar juga dapat diartikan sebagai suatu proses dimana suatu kegiatan dimulai atau berubah melalui suatu reaksi terhadap suatu keadaan yang dihadapi, dengan syarat ciri-ciri perubahan kegiatan itu tidak dapat dijelaskan atas dasar kecenderungan reaksi semula. kedewasaan, atau perubahan sementara. dari organisme. (Learning is the process by which an activity that the characteristics of the change in activity cannot be explained on the basis of native response tendencies, maturation, and temporary states of the organism) (Hilgard & Bower, 1996:2, dalam Jogiyanto, 2006:12). Pengertian Belajar menurut W. Gulö (2002: 23) adalah suatu proses yang berlangsung dalam diri seseorang yang mengubah tingkah lakunya, baik tingkah laku dalam berpikir, bersikap, maupun bertindak. James O. Whittaker (Djamarah, 1999) menyatakan bahwa pengertian belajar adalah suatu proses di mana tingkah laku dihasilkan atau diubah melalui praktek atau pengalaman. Sedangkan menurut R. Gagne (Djamarah; 1999:22) pengertian belajar adalah suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan, kebiasaan dan tingkah laku.Secara umum pengertian belajar adalah suatu usaha yang dilakukan untuk membantu seseorang atau sekelompok orang sedemikian rupa sehingga tercipta suatu proses belajar dan menjadikan proses belajar itu lebih efisien dan efektif. Itulah sebabnya Darsono, 2000:24 mengemukakan pengertian belajar dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa sehingga tingkah laku siswa berubah ke arah yang lebih baik.