PERSEPEKTIF KEPEMIMPINAN KECERDASASAN EMOSIONAL KERJA GURU TINJAUAN TEORITIK MANAJEMEN PENDIDIKAN

PERSEPEKTIF KEPEMIMPINAN KECERDASASAN EMOSIONAL KERJA GURU TINJAUAN TEORITIK MANAJEMEN PENDIDIKAN

PERSEPEKTIF KEPEMIMPINAN KECERDASASAN EMOSIONAL KERJA GURU TINJAUAN TEORITIK MANAJEMEN PENDIDIKAN

Penulis:

Penulis:

Dr. Akmaluddin, M.Pd

Dr. Musdiani,  S.Pd..,M.Pd

Dr. Said Ashlan. M.Pd

Jumlah halaman: 284

Ukuran Buku: Unesco (15,5×23)

Versi Cetak: tersedia

Versi Ebook: Tersedia

Berat: 0 Kg

Harga: Rp. 95.000

Komitmen sebagai suatu ikatan kejiwaan seseorang sebagai refleksi dan perasaan suka terhadap organisasi termasuk keterlibatan kerja, kesetiaan, loyalitas, dan perasaan percaya pada nilai-nilai organisasi. Pada dasarnya melaksanakan komitmen maknanya menjalankan kewajiban, tanggung jawab, membuat seseorang membulatkan hati, bertekad, bersusah payah, berkorban, dan bertanggungjawab demi mencapai tujuan dirinya dan tujuan organisasi yang telah disepakati atau ditentukan sebelumnya. Guru sebagai bagian penting dari penyelenggaraan pendidikan harus mempunyai komitmen yang tinggi. Komitmen menjadi sangat penting karena komitmen merupakan hal yang paling mendasar dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Guru akan kesulitan melakukan peran dan tanggung jawabnya sebagai pendidik apabila tidak memiliki komitmen. Komitmen guru terhadap lembaga sekolah sebagai organisasi pada dasarnya merupakan suatu kondisi yang dirasakan oleh guru yang dapat menimbulkan perilaku positif yang kuat terhadap organisasi kerja yang dimilikinya. Komitmen terhadap organisasi berkaitan dengan identifikasi dan loyalitas pada organisasi dan tujuan-tujuannya. Seseorang guru yang telah berkomitmen tidak akan ragu menentukan sikap dan tanggung jawab terhadap keputusan yang diambilnya.Guru dianggap sebagai faktor yang menentukan terhadap meningkat atau menurunnya mutu pendidikan. Hasil Penelitian Pusat Informatika Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, menunjukkan bahwa guru yang berkualitas mempunyai hubungan dengan kualitas pendidikan. Peranan guru sangat menentukan karena kedudukannya sebagai pemimpin di antara peserta didik. Guru bertanggungjawab untuk mengorganisasikan dan mengawasi kelas serta menciptakan situasi yang kondusif agar peserta didik memperoleh pengalaman belajar serta merangsang kreativitasnya. Guru menempati posisi penting dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat membawa negara pada kemajuan. Peran Guru dikatakan multidimensional karena peran itu bukan satu tetapi beraneka ragam yaitu guru sebagai pendidik atau orang tua, pemimpin atau manajer, produsen atau pelayan, pembimbing atau fasilitator, motivator atau stimulator, peneliti atau narasumber (Mulayasa, 2017: 6).

PERSEPEKTIF KEPEMIMPINAN KECERDASASAN EMOSIONAL KERJA GURU TINJAUAN TEORITIK MANAJEMEN PENDIDIKAN

Dapatkan Bukunya sekarang Juga !

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn
Share on google
Google+

Copyright © 2021 Penerbit Azka Pustaka

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
LinkedIn

Copyright © 2021 Penerbit Azka Pustaka