Penulis:
Susanti Faipri Selegi
Putri Dewi Nurhasana
Kiki Aryaningrum
Arief Kuswidyanarko
Ukuran Buku: A5 (14,8X21)
Versi Cetak: Tersedia
Versi Ebook: Tersedia
Berat: 0Kg
Harga: Rp. 55.000
sumber daya agar efisien dalam memperoleh hasil sesuai rancangan. Istilah yang dekat dengan ini adalah taktik atau siasat. Siasat merupakan pemanfaatan optimal situasi dan kondisi untuk menjangkau sasaran. Secara konsep strategi itu dalam belajar mengajar adalah sesuatu yang bersifat filosofi. Istilah strategi pada awalnya sering digunakan pada dunia militer yang berarti cara dan siasat penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu peperangan. Dalam kontak tersebut, strategi didefinisikan sebagai cara yang akan ditempuh dalam memperoleh keberhasilan atau mencapai tujuan secara optimal, Dalam bidang membelajaran, strategi dimaknai sebagai tindakan khusus yang dilakukan oleh siswa untuk mempermudah, mempercepat, lebih menikmati, lebih mudah memahami sendiri secara langsung, lebih efektif, dan lebih mudah ditransfer ke dalam situasi yang baru (Oxford, 1992: 8). Tujuan utama pengenalan strategi belajar siswa adalah untuk menghasilkan pembelajar yang dapat mengendalikan diri sendiri, yang didefinisikan sebagai individu yang dapat: (1) secara teliti mendiaknosis suatu situasi pembelajaran tertentu, (2) memilih salah satu atau beberapa strategi belajar mengajar untuk memecahkan masalah/tugas belajar yang dihadapi, (3) memonitori keefektifan strategi yang telah dipilih dan digunakannya, (4) cukup termotivasi untuk terlibat dalam situasi pembelajaran sampai pembelajaran itu tuntas, Istilah pembelajaran berhubungan erat dengan pengertian belajar dan mengajar. Belajar, mengajar dan pembelajaran terjadi bersama-sama. Belajar dapat terjadi tanpa guru atau tanpa kegiatan mengajar dan pembelajaran formal lain. Sedangkan mengajar meliputi segala hal yang guru lakukan di dalam kelas yang pada dasarnya mengatakan apa yang dilakukan guru agar proses belajar mengajar berjalan lancar,bermoral dan membuat siswa merasa nyaman merupakan bagian dari aktivitas mengajar, juga secara khusus mencoba dan berusaha untuk mengimplementasikan kurikulum dalam kelas. Sementara itu pembelajaran adalah suatu usaha yang sengaja melibatkan dan menggunakan pengetahuan profesional yang dimiliki guru untuk mencapai tujuan kurikulum